Oleh: concepthaircolor | November 11, 2010

Kenapa Rambut Butuh Pelembab?

Banyak wanita mengeluhkan rambutnya yang kering dan kusam. Apa sebenarnya penyebab masalah ini? Bisa jadi ini karena kurang pelembab. Sama seperti kulit, rambut ternyata juga membutuhkan pelembab.

Selama ini orang mungkin lebih mengenal conditioner karena hampir di setiap kemasan sampo, bahan pelembut rambut itu selalu ada. Padahal, untuk menjaga kesegaran, kekuatan, dan keindahannya, rambut juga membutuhkan moisturizer atau pelembab.

Sekitar 30 persen struktur rambut manusia terdiri dari air. Gunanya, untuk keindahan rambut serta menjadikannya halus, ringan, dan mudah diatur. Kadar kelembaban rambut normal adalah 10-30 persen. Namun, seiring dengan gaya hidup modern yang terus berubah, kadar kelembaban rambut tidak lagi mencukupi.

Beberapa faktor yang dapat menghilangkan kelembaban alami rambut adalah kondisi lingkungan yang semakin memburuk, seperti tingginya tingkat polusi, teriknya sinar matahari, serta udara yang kering.

Selain itu, kondisi dalam ruang, seperti dinginnya AC di rumah atau di tempat kerja, serta penanganan rambut yang berlebihan dapat semakin mengurangi kadar kelembaban rambut.

Pernyataan ini didukung oleh Marta I Rendon, MD, Direktur Medis dari The Dermatology and Aesthetic Center di Boca Raton, Florida, Amerika Serikat. Ia menerangkan bahwa 50 persen wanita dengan tipe rambut berbeda mempunyai beragam masalah yang berhubungan dengan proses kimiawi, seperti pewarnaan dan pengeritingan, serta iklim. Masalah ini menyebabkan rambut kekurangan kadar kelembaban sehingga lepek, tidak bervolume, dan susah diatur.
Spesialis kesehatan kulit, Dr Sjarif M. Wasitaatmadja, dalam sebuah seminar tentang rambut menjelaskan, berbagai pengaruh dari luar tersebut tentu saja menuntut perawatan efektif untuk mengembalikan kelembabannya. Salah satu caranya, memberikan pelembab dalam jumlah cukup bagi rambut, baik melalui sampo maupun perawatan khusus.

Lebih jauh lagi, sebuah survei dilakukan di Laboratorium Crudele, AS, dengan dua metode berbeda menunjukkan bahwa para wanita selalu dihadapkan oleh paradoks dalam mencari keseimbangan antara kelembaban dan volume rambut.

Sekitar 82 persen merasa takut rambut yang mempunyai kadar kelembaban adalah rambut yang lepek dan berminyak. Namun, persentase lain yang sama besarnya (80 persen) menunjukkan bahwa kadar kelembaban merupakan suatu hal penting untuk menciptakan keindahan rambut.

Untuk mendapatkan rambut yang berimbang kadar kelembaban dan volumenya dibutuhkan sampo yang mengandung moisturizer. Sampo tersebut akan memberikan kadar kelembaban dalam jumlah yang cukup, tetapi tidak akan membiarkan rambut terlihat lepek dan berminyak.

Lalu, bagaimana dengan penggunaan conditioner atau pelembut yang lebih dikenal selama ini? Mungkin masyarakat beranggapan bahwa moisturizer mempunyai efek dan cara kerja yang sama dengan conditioner. Padahal, sebenarnya moisturizer adalah bahan pelembab yang bekerja secara menyeluruh, baik dari dalam maupun luar dengan cara kerja yang disebut humectant dan occlusive.

Humectant artinya melembabkan rambut dengan cara menarik moisturizer ke rambut sehingga membuat helaian rambut lebih terhidrasi. Dengan meningkatnya kadar hidrasi rambut, helaian rambut pun menjadi lebih halus, ringan, dan mudah diatur.

Occlusive, artinya menambah material yang dapat melapisi permukaan rambut dan memberikan efek lubrikasi pada helaiannya. Tujuannya, memperbaiki efek sensori rambut kering dan kusam menjadi halus dan lembut. Dibandingkan dengan moisturizer, zat yang terkandung dalam conditioner hanya merupakan salah satu bagian yang bekerja dengan cara melapisi helaian rambut.

Pada rambut normal, moisturizer akan menjaga kelembabannya, sedangkan pada rambut kering, membantu mengganti kelembaban yang hilang. Moisturizer juga akan menyeimbangkan kelembaban pada rambut berminyak.

Dan mengapa harus gunakan MK3 Hair Glosk Mask?

Masker dengan tekstur selembut sutra sehingga mudah meresap ke dalam batang rambut.
Meningkatkan intensitas warna rambut, melembutkan dan memberi efek kilau.

Polyquternium :
Bekerja di batang rambut sampai ke kutikula rambut,
berfungsi:
Meningkatkan sekaligus mempertahankan intensitas warna rambut & melembabkan kutikula rambut sehingga rambut tampak lebih sehat, lembab, dan moist.

Sumber : Kompas.com & Makarizo


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: