Oleh: concepthaircolor | September 23, 2010

Mitos Seputar Rambut

Banyak isu-isu bertebaran seputar rambut, benar tidak ya?

–    “keseringan mencuci rambut bisa menyebabkan kerontokan dan rambut kering-kerontang”
SALAH : sering tidaknya mencuci rambut bukan masalah. Cucilah sesering mungkin untuk membersihkan kotoran yang tersumbat di kulit kepala, walaupun3 kali seminggu adalah frekuensi yang di rekomendasikan. Rutinitas yang merusak rambut misalnya menyisir rambut ketika masih basah.

–    “More shampoo = rambut lebih bersih”
SALAH: Oke, mulai sekarang anda bisa menghemat shampoo karena ternyata untuk rambut panjang sekalipun cukup menggunakan shampoo sebanyak bulatan uang logam gopek pada telapak tangan anda.
–    “Blow-dry rambut menyebabkan kebotakan”
SALAH : Blow-dry rambut memang bisa membuat rambut kering dan akhirnya rontok. Tetapi rambut akan senantiasa tumbuh kembali kok.

–    “Potongan rambut secara teratur akan memperpanjang dan mempertebal rambut”
SALAH : Tekstur rambut memang lebih tebal pada kulit kepala dan semakin menipis pada ujungnya. Inilah yang menyebabkan rambut yang dipotong pendek tampak lebih tebal daripada rambut panjang.

–    “Cabut satu (uban), tumbuh seribu”
SALAH : Walaupun mitos ini salah, mencabut uban memang adalah kebiasaan buruk. Akar rambut bisa rusak sehingga menyebabkan infeksi atau meninggalkan bekas luka.

–    “Stres dan tekanan menyebabkan rambut rontok”
BENAR : Tekanan yang terlalu besar bisa menutup pabrik produksi rambut yang menyebabkan pertumbuhan rambut terhenti dan kerontokan sementara (alopecia areata)
–    “Keseringan mengikat rambut, kepang, ponytails atau konde yang terlalu ketat terikat bisa menyebabkan kebotakan dalam jangka panjang”
BENAR : Traction alopecia adalah istilah keren dari kerontokan rambut yang berasal dari wanita Afrika yang terlalu sering mengikat rambut. Tekanan yang dikenakan pada kulit kepala bisa menyebabkan rambut pecah-pecah dan rontok. Cegahlah situasi ini dengan menukar gaya rambut dan jangan mengikat rambut terlalu erat.

–    “Merokok adalah penyebab tumbuhnya uban”
BENAR : Menurut artikel dari Science News (Januari 11.1997), perokok beresiko 4 kali lebih besar untuk beruban daripada orang yang tidak merokok. Parahnya lagi, merokok akan mempercepat proses kerontokan rambut.

Sumber : Aplaus


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: